Rumus Menghitung Diskon Di Microsoft Excel

Cell reference adalah  Mereferensikan suatu formula yang digunakan saat mengkopi suatu formula ke cell lain agar menghasilkan cell yang berisi formula juga dan secara bawaan berubah menyesuaikan lokasi cell yang baru.

Cell Reference di bedakan menjadi 3 tipe yaitu Relative Reference, Absolute reference dan mixed Reference.
  • Relatative Reference merupakan tindakan yang dilakuan excel secara default untuk sema rumus yang ada. Relative reference menghasilkan formula dengan alamat referensi cell berubah sesuai alamat cell yang baru. berikut contoh penggunaan Relative Reference pada Aplikasi menghitung total barang:



      Dari Gambar Diatas untuk mengisi kolom total pada "Roti Tawar" adalah dengan menggunakan rumus =c4*d4, enter. Nah untuk mengisi total pada kolom selanjutnya yaitu cell E5 Sampai cell E9 cukup mengcopy rumus yang ada di cell E4.
Setelah selesai coba cek masing-masing formula yang berada di kolom total dan formula yang dihasilkan pasti menyesuaikan dengan nomor barsi dari masing-masing cell. itu yang disebut Relative reference.
  • Absolute Reference yaitu menghasilkan suatu formula dengan alamat referensi cell tidak akan berubah ketika formula tersebut dikopi. contoh penggunaan Absolute reference menghitung diskon barang.



  Untuk menghitung Cash diskon gunakan rumus =E4*$C$2,  nah tanda dolar ($) adalah Absolute Reference bila tidak menggnkan dolar pasti hasilnya salah dan berantakan saat melakukan copy rumus ke cell selanjutnya. Nah setelah menggunakan Absolute sekarang bisa langsung mencopy rumus nya ke Cell selanjunya.
  • Mixed Reference merupakan perpaduan antara rumus Absolute dengan relative reference, contoh penggunana Mixed, di perhiungan Special Promo diskon:


Untuk menghitung Special Promo diskon diatas Gunaka rumus =$E4*D$2 copy rumus untuk mengisi kolom selanjutnya.

Nah Sampai disini penjelasan Cell Reference dalam microsoft Excel Semoga membantu, Jika menginginkan file Excel diatas Tinggalkan email kalian di kolom komentar .

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Komentarlah yang baik dan bijak, jangan spam ya..