Getaran : Pengertian, Jenis, Besaran, Rumus, Satuan

A. PENGERTIAN GETARAN
Getaran ialah gerakan bolak-balik benda yang terjadi di sekitar titik keseimbangan. Kuat atau lemahya getaran yang terjadi dipengaruhi oleh besar kecilnya energi yang menyebabkan getaran tersebut. Gerakan bolak balik ini terjadi secara teratur dan alasannya ialah itu sering juga disebut gerak periodeik. Satu getaran ialah satu kali bolak balik penuh dari benda tersebut. Contoh sederhana dari getaran ialah cara kerja ayunan. Dalam fisika getaran bekerjasama akrab dengan gelombang. Gelombang ialah hasil dari getaran yang merambat baik melalui medium tertentu atau tanpa medium.
B. KLASIFIKASI MACAM – MACAM JENIS GETARAN
1. Getaran Bebas
Getaran bebas ialah getaran yang terjadi alasannya ialah sistem mekanis oleh gaya awal yang bekerja pada sistem tersebut, kemudian dibiarkan bergetar secara besar hingga jadinya berhenti. Makara getaran bebas menghasilkan frekuensi natural alasannya ialah sifat dinamika (pergerakan) hanya didapatkan dari distribusi massa dan kekuatan oleh energi yang menjadi penyebab getara tersebut. Contohnya ialah bandul atau pegas yang digerakkan kemudian dinantikan hingga pergerakan bandul atau pegas tersebut berhenti. 

2. Getaran Paksa
Gerakan Paksa ialah getaran yang terjadi alasannya ialah adanya gaya luar yang bekerja pada suatu sistem secara paksa sehingga sistem tersebut bergetar. Contohnya ialah getaran yang terjadi pada bangunan saat terjadi gempa bumi.
C. BESARAN – BESARAN FISIKA PADA GETARAN
a. Frekuensi
Secara umum frekuensi ialah besaran ukuran jumlah putaran ulang suatu insiden dalam waktu tertentu. Dalam getaran, frekuensi ialah jumlah getaran yang melewati titik tertentu dalam satu detik. Satuan internasional yang digunakan untuk frekuensi ialah Hertz (Hz). Simbol yang digunakan untuk melambangkan frekuensi ialah f (huruf kecil).

b. Periode
Secara umum Periode ialah waktu yang ditempuh untuk melaksanakan suatu peristiwa. Dalam getaran, periode ialah waktu yang dibutuhkan untuk menempuh satu satu getaran. Satuan yang sering digunakan untuk periode ialah detik atau sekon (s). Simbol yang digunakan untuk melambangkan periode ialah T (huruf besar).
c. Simpangan Getaran dan Amplitudo
Simpangan ialah posisi getaran partikel media dari titik keseimbangan. Simpangan terjauh pada sebuah getaran disebut dengan Amplitudo. Satuan Internasional untuk simpangan ialah meter (m).

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Komentarlah yang baik dan bijak, jangan spam ya..