Pengertian Kurikulum, Fungsi, Komponen dan Jenis Kurikulum

Dalam artikel ini akn dijelaskan mengenai pengertian kurikulum ,fungsi lkurikulum ,komponen yang terdapat dan kurikulum dan juga jenis-jenis kurikulum

Pengertian Kurikulum, Fungsi, Komponen dan Jenis Kurikulum

PENGERTIAN KURIKULUM ADALAH
Istilah “kurikulum” dipakai pada bidang olahraga, yang berarti suatu jarak yang harus ditempuh oleh pelari atau kereta dalam perlombaan, dari awal hingga akhir. Kata “kurikulum” berasal dari kata “chariot” yang berarti benda sejenis kereta pacu pada zaman dahulu, yaitu alat yang membawa seseorang dari “start” hingga “finish”.
Pengertian Kurikulum, Fungsi, Komponen dan Jenis Kurikulum
Pengertian Kurikulum, Fungsi, Komponen dan Jenis Kurikulum

Lebih lanjut, istilah “kurikulum” dipakai dalam bidang pendidikan.  Istilah “kurikulum” dipakai dalam pendidikan dan pengajaran, yang bermakna sejumlah mata pelajaran di sekolah atau mata kuliah di perguruan tinggi yang harus ditempuh untuk mendapat suatu ijazah atau naik tingkat. Kurikulum juga bisa diartikan sebagai keseluruhan pelajaran yang disajikan oleh suatu forum pendidikan.

istilah “kurikulum” mulai dikenal di Indonesia semenjak tahun lima puluhan, dipopulerkan oleh mereka yang mengenyam pendidikan di Amerika Serikat. Sebelumnya, kurikulum lazim disebutkan dengan istilah “rencana pelajaran”. Hilda Taba dalam bukunya Curriculum Development, Theory, and Practice mengartikan kurikulum sebagai “a plan for learning”, yaitu sesuatu yang direncanakan untuk pelajaran. Berdasarkan pemikiran-pemikiran para mahir pendidikan, definisi kurikulum banyak mengalami perkembangan, yaitu meliputi hal-hal yang tidak direncanakan akan tetapi turut mengubah sikap penerima didik. Kurikulum juga tidak lagi hanya wacana sejumlah mata pelajaran tetapi juga meliputi hal-hal yang lebih luas. Perkembangan dan perubahan definisi kurikulum ini turut disebabkan oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Selanjutnya, menurut (Zais, 1976:6) menguraikan beberapa pengertian kurikulum, yaitu sebagai berikut:
  • Kurikulum sebagai acara pelajaran;
  • Kurikulum sebagai isi pelajaran;
  • Kurikulum sebagai pengalaman berguru yang direncanakan;
  • Kurikulum sebagai pengalaman di bawah tanggung jawab sekolah;
  • Kurikulum sebagai suatu planning tertulis untuk dilaksanakan.
Menurut (Tanner dan Tanner: 1980) juga menguraikan konsepnya wacana kurikulum, yaitu sebagai berikut:
  • Kurikulum sebagai pengetahuan yang diorganisasikan;
  • Kurikulum sebagai modus mengajar;
  • Kurikulum sebagai arena pengalaman;
  • Kurikulum sebagai pengalaman;
  • Kurikulum sebagai pengalaman berguru terbimbing;
  • Kurikulum sebagai kehidupan terbimbing;
  • Kurikulum sebagai suatu planning pembelajaran;
  • Kurikulum sebagai sistem produksi secara teknologis;
  • Kurikulum sebagai tujuan.

FUNGSI KURIKULUM
Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 wacana Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) Pasal 1 Butir 19, kurikulum mempunyai definisi sebagai berikut: “. . . seperangkat planning dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan materi pelajaran serta cara yang dipakai sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.”

Definisi kurikulum mengungkapkan adanya empat fungsi kurikulum sebagai berikut.
1. Kurikulum sebagai rencana
Kurikulum sebagai planning kegiatan berguru mengajar (atau planning pembelajaran) yang dikembangkan dengan berlandaskan pada tujuan yang ingin dicapai (Taba, 1962:13).

2. Kurikulum sebagai pengaturan
Pengaturan dalam kurikulum sanggup bermakna pengorganisasian materi (isi) pelajaran pada arah horizontal dan vertikal. Pengorganisasian pada arah horizontal berafiliasi dengan lingkup dan penyatuan, sedangkan pengorganisasian pada arah vertikal berafiliasi dengan urutan dan kontinuitas (Zais, 1976:395). Mengenai pengorganisasian kurikulum, Taba (1962:428) mengungkapkan pentingnya memerhatikan dua aspek pembelajaran, yaitu materi apa yang harus dikuasai serta proses mental apa yang terjadi.

3. Kurikulum sebagai cara
Pengorganisasian kurikulum mengarahkan penggunaan metode pembelajaran yang efektif berdasarkan koteks pembelajaran. Pemilihan metode mengajar berkaitan erat dengan sifat materi pelajaran atau praktikum dan tingkat penguasaan yang diharapkan akan tercapai. Penggunaan alat peraga akan meningkatkan pemahaman, sementara metode pemecahan problem melatih kemampuan penalaran.

4. Kurikulum sebagai pedoman
Kurikulum sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran hendaknya mempunyai kejelasan mengenai ide-ide dan tujuan yang ingin dicapai melalui adanya kurikulum.

KOMPONEN – KOMPONEN KURIKULUM
Ralph W. Tyler dalam bukunya Basic Principles of Curriculum and Intruction (1949), yang merupakan salah satu buku yang sangat kuat dalam pengembangan kurikulum, mengajukan empat pertanyaan pokok, yaitu:
  • Tujuan apa yang harus dicapai sekolah?
  • Bagaimanakan menentukan materi pelajaran guna mencapai tujuan itu?
  • Bagaimanakah materi disajikan semoga efektif diajarkan?
  • Bagaimanakah efektivitas berguru sanggup dinilai?
(dalam Nasution, 1994:17)
Sumber lainnya (Zain, 1976:295) menyampaikan bahwa kurikulum terdiri dari empat komponen dasar, yaitu:
  • Aims, goals, and objectives
  • Content
  • Learning activities
  • Evaluation
(dalam Dimyati dan Muldjiono, 1994:260)

Nana Syaodih, Sukmadinata (1988:110) menguraikan empat komponen dari anatomi badan kurikulum yang utama. Komponen-komponen tersebut terdiri dari tujuan, isi atau materi, proses atau sistem penyampaian, dan evaluasi.
Berdasarkan ulasan wacana komponen-komponen kurikulum, bisa disimpulkan terdapat empat komponen utama dari kurikulum, yaitu tujuan, materi pelajaran, proses pembelajaran, dan evaluasi.
Berikut penjabarannya.
1. Tujuan Kurikulum
Tujuan kurikulum adalah suatu pernyataan yang terkait dengan Tujuan Pendidikan Nasional atau Tupenas yang sifatnya umum dan berlaku bagi pendidikan umum dan pendidikan kejuruan. Perumusan Tupenas umumnya berlandaskan falsafah negara, yang menggambarkan watak, martabat, dan peradaban dalam berbangsa dan bernegara. Dalam Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 wacana Sistem Pendidikan Nasional, dalam Pasal 3 tercantum: “Pendidikan nasional . . . bertujuan untuk berkembangnya potensi penerima didik semoga menjadi insan yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga yang demokratis serta bertanggung jawab." Hasil tersebutlah yang diharapkan dari sistem pendidikan di Indonesia.

Tujuan kurikulum berafiliasi dengan hasil pendidikan dari jenis sekolah tertentu. Dengan kata lain, tujuan kurikulum berafiliasi dengan tujuan dari suatu institusi pendidikan tertentu sehingga layak untuk diterjemahkan sebagai Tujuan Institusional. Rumusan tujuan institusional mendeskripsikan karakteristik lulusan dari institusi pendidikan yang bersangkutan, diuraikan ke dalam aspek keterampilan kognitif, keterampilan sosial (afektif) dan keterampilan psikomotor serta kekhususan dari institusi pendidikan yang bersangkutan. Untuk sekolah-sekolah kejuruan, hal ini sanggup dihubungkan kepada penguasaan standar kompetensi yang berlaku secara nasional, regional atau internasional berdasarkan kejuruan yang diselenggarakan. Dalam perumusan Tujuan Institusioal, institusi pendidikan sepatutnya berpedoman kepada Tujuan Pendidikan Nasional dan tugas yang hendak diwujudkan dalam kehidupan masyarakat melalui pendidikan.

Tujuan kurikulum berafiliasi pula dengan hasil pembelajaran di kelas sehingga berkaitan dengan hasil pembelajaran pada mata-mata pelajaran yang terdapat pada kurikulum. Maka, tujuan kurikulum juga bisa diistilahkan dengan Tujuan Instruksional atau tujuan Pembelajaran lantaran berafiliasi erat dengan kegiatan pengajar dalam pembelajaran penerima didik sehari-hari.  Oleh alasannya itu, dalam perumusan tujuan kurikulum perlu dipertimbangkan tingkat kesiapan penerima didik untuk mempelajari dan membuatkan pengalaman berguru yang disusun dalam kurikulum.

2. Materi Pelajaran
Pemilihan materi pelajaran berafiliasi dengan artikulasi kurikulum dan pemilihan metode pembelajaran. Ada lima kaidah utama yang perlu diperhatikan dalam menentukan materi pelajaran, yaitu: jenjang dan jenis pendidikan, struktur disiplin ilmu, struktur ilmu, kebermaknaan materi pelajaran, serta artikulasi vertikal dan horizontal.

Berikut penjelasannya.
a. Jenjang dan Jenis Pendidikan
Jenjang pendidikan formal terbagi atas pendidikan dasar (Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama), Pendidikan Menengah, dan Pendidikan Tinggi.  Selain jenjang pendidikan, terdapat pula jenis pendidikan. Jenis pendidikan terbagi atas pendidikan umum, pendidikan kejuruan, pendidikan akademik, pendidikan profesi, pendidikan keagamaan, dan pendidikan khusus (Undang-Undang No. 20 Tahun 2003, Pasal 14, 15). Pengembangan kurikulum harus diubahsuaikan dengan jenjang dan jenis pendidikan dengan penetapan batas-batas cakupan dan kedalaman materi pelajaran yang sesuai.

b. Struktur Disiplin Ilmu
Ilmu pengetahuan sangat banyak jenis dan jumlahnya yang kemudian dikelompokkan kepada sejumlah disiplin ilmu tertentu. Namun, dengan banyaknya disiplin ilmu tersebut, bukan mustahil adanya kombinasi antar disiplin ilmu sebagai cerminan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh alasannya itu, pengetahuan mengenai struktur disiplin ilmu sangat dibutuhkan pada pemilihan mata pelajaran yang wajib/layak diberikan untuk jenjang pendidikan tertentu.

c. Struktur Ilmu
Suatu disiplin ilmu terbagi menjadi beberapa ilmu. Setiap ilmu mempunyai bentuk struktur dan hierarki. Pemahaman terhadap hierarki struktur ilmu dibutuhkan dalam mengatur urutan pembelajaran sehingga tidak terjadi tumpang-tindih dan pengulangan yang menimbulkan tidak efisiennya proses pembelajaran. Pemahaman terhadap struktur ilmu akan memudahkan pendidik menyiapkan Satuan Acara Pembelajaran (SAP) dalam penggunaan model pembelajaran.

d. Kebermaknaan
Ausubel dan Robinson (1969:50-72) menyatakan bahwa pemilihan materi pelajaran dihentikan dilakukan secara sembarangan. Pemilihan materi harus menghasilkan proses berguru yang bermakna. Pemahaman akan struktur ilmu dan syarat kebermaknaan materi perlu dihubungkan dengan pengetahuan wacana terbentuknya struktur kognitif (pengetahuan).

e. Artikulasi Vertikal dan Horizontal
Apabila seorang pendidik bermaksud meningkatkan hubungan pembelajaran dalam suatu disiplin ilmu atau suatu pelajaran tertentu, berarti pendidik tersebut melaksanakan artikulasi vertikal. Di sisi lain, apabila seorang pendidik bermaksud membuatkan pemahaman hubungan dari beberapa disiplin ilmu atau mata pelajaran, berarti pendidik tersebut melaksanakan artikulasi horizontal. Penggabungan artikulasi vertikal dan artikulasi horizontal diterapkan pada kurikulum spiral (Tanner&Tanner, 1980:541-542). Dalam kurikulum spiral ini, integrasi vertikal bermakna pendalaman ilmu dan integrasi horizontal bermakna memperluas wawasan ilmu.

3. Proses Pembelajaran
Proses pembelajaran adalah interaksi antar penerima didik, materi pelajaran, dan pendidik. Jika dipandang dari sisi penerima didik, proses pembelajaran merupakan kegiatan belajar. Zais (1976:350) menekankan bahwa pengalaman belajarlah yang membawa penerima didik meraih tujuannya, bukan materi pelajaran. Pengalaman berguru menumbuhkan pengertian wacana pengetahuan yang dipelajari, minimal pada tingkat pemahaman dan penerapannya. Pengalaman berguru akan baik bila dituntaskan secara sedikit demi sedikit demi menghindari kendala atas terbentuknya pengalaman yang sejalan dengan pertambahan umur penerima didik. Pengembang kurikulum dalam melandaskan pemilihan materi pelajaran serta tetapkan cakupan dan urutan hendaknya menyesuaikan hal tersebut dengan pemikiran penerima didik, bukan dengan teladan pemikiran orang dewasa.

Ada banyak variasi kegiatan berguru berkaitan dengan kondisi wilayah penerapannya. Maka, dalam pemilihan ragam kegiatan pembelajaran, pengembang kurikulum hendaknya berpegang pada prinsip kesamaan dengan komponen-komponen kurikulum lainnya. Akan sulit bila dilakukan pemilihan dan pengorganisasian kegiatan berguru yang memenuhi semua kondisi pembelajaran.

Perbedaan makna kegiatan berguru dengan pengalaman berguru tertuju pada makna kegiatan dan pengalaman, atau antara niat dan hasil. Adanya perbedaan makna ini menyarankan pada tahap perencanaan kurikulum, hendaknya kegiatan berguru dijabarkan secara rinci, sedangkan pada tahap evaluasi, pengalaman berguru dijadikan dasar penilaian atas efektivitas kegiatan berguru itu.

4. Evaluasi
Pendidikan adalah suatu proses yang bertujuan untuk megubah sikap penerima didik sesuai dengan tujuan pendidikan yang telah dirumuskan dalam kurikulum. Evaluasi merupakan komponen kurikulum yang dirancang untuk menunjukkan hasil dari suatu pendidikan yang terwujud dalam sikap penerima didik. Evaluasi sejatinya termasuk suatu proses yang berkesinambungan selama penerima didik tercatat sebagai siswa dari suatu institusi pendidikan.

Metode penilaian meliputi cara-cara mendapat bukti-bukti yang valid dalam mencapai suatu tujuan yang terdiri dari observasi sikap dan kinerja, baik pada ranah kognitif, afektif, maupun psikomotor. Evaluasi mempunyai arti yang lebih luas dari hanya sekadar menguji dan memberi nilai para penerima didik. Evaluasi mencakup:
  • Klarifikasi mengenai tujuan hingga pada pembagian terstruktur mengenai wacana indikator sikap yang menawarkan pencapaian tujuan dalam bidang tertentu.
  • Pengembangan dan penerapan cara-cara mengenali perubahan pada diri penerima didik.
  • Menemukan cara yang sesuai untuk merangkum dan menafsirkan suatu perubahan.
  • Penggunaan informasi yang diperoleh mengenai kemajuan atau kendala yang dihadapi penerima didik sebagai landasan dalam penyempurnaan kurikulum, metode pembelajaran, dan bimbingan.

Sifat dari acara penilaian berafiliasi dengan tujuan yang ingin dicapai disertai cara tujuan tersebut dirumuskan dan penggunaan hasil evaluasi. Evaluasi dimulai dengan kepedulian terhadap tujuan dan diakhiri dengan penilaian terhadap hasil yang dicapai. Dengan demikian, penilaian mempunyai fungsi-fungsi sebagai berikut:
  • Evaluasi sebagai sarana validasi hipotesis yang menjadi dasar pengembangan kurikulum
  • Evaluasi dalam mengemukakan dampak dari suatu acara tidak hanya menyediakan informasi yang berafiliasi dengan target program, tetapi juga menumbuhkan produk sampingan.
  • Evaluasi menyediakan informasi mengenai kelemahan dan kekuatan dari suatu acara dalam pencapaian tujuan pembelajaran.

KLASIFIKASI MACAM – MACAM JENIS KURIKULUM
Jika ditinjau dari sudut pandang guru sebagai pengembang kurikulum, kurikulum dibagi menjadi beberapa jenis sebagai berikut.
1. Open curriculum (kurikulum terbuka)
Dalam open curriculum, guru mempunyai kebebasan dalam membuatkan kurikulum sesuai kemampuannya.

2. Close curriculum (kurikum tertutup)
Dalam close curriculum, kurikulum telah ditentukan dengan tetap secara niscaya mengenai tujuan, materi, metode dan evaluasinya sehingga guru tinggal melaksanakan apa adanya.

3. Guide curriculum (kurikulum terbimbing)
Guide curriculum berarti kurikulum setengah terbuka dan setengah tertutup. Rambu-rambu pengajar sudah ditentukan dalam kurikulum, namun guru masih diberikan kemungkinan untuk membuatkan lebih lanjut dalam teks.

Sementara itu, Nasution juga membagi jenis-jenis kurikulum menjadi tiga, yaitu sebagai berikut.
1. Separated curriculum (kurikulum terpisah)
Separated curriculum merupakan jenis organisasi kurikulum yang terdiri dari mata pelajaran yang terpisah-pisah. Kurikulum jenis ini disebut pula dengan kurikulum mata pelajaran terpisah atau tidak menyatu. Data-data dalam pelajaran disajikan secara terpisah dalam masing-masing mata pelajaran.
Penyusunan separated curriculum berlandaskan pada pengalaman dan budaya insan sepanjang masa yang kemudian disederhanakan dan disusun secara logis. Dilakukan pula pembiasaan sesuai dengan umur dan perkembangan penerima didik. Pengetahuan-pengetahuan dan pengalaman-pengalaman tersebut diterapkan pada kurikulum itu. Kemudian oleh sekolah, kurikulum tersebut dibagi-bagi berdasarkan keperluannya pada setiap tingkatan kelas dengan kadar yang sesuai.
Terdapat sejumlah kelebihan dari sistem separated  curriculum. Beberapa diantaranya ialah sebagai berikut.
  • Memudahkan guru dalam pelaksanaan kurikulum
  • Materi pelajaran sanggup disajikan dengan logis dan sistematis
  • Mudah direncanakan, gampang dilaksanakan, dan gampang dilakukan perubahan apabila dsewaktu-waktu dibutuhkan perubahan

Di sisi lain, terdapat pula sejumlah kekurangan dari sistem separated curriculum ini. Berikut beberapa diantaranya.
  • Perkembangan dan pertumbuhan penerima didik tidak terlalu harmonis
  • Kurang mengacu kepada masalah-masalah yang dijumpai oleh penerima didik dalam kehidupan sehari-hari
  • Kurang bisa mengikuti perubahan zaman
  • Terlalu menekankan pada pengembangan intelektual dan kurang memperhatikan faktor-faktor lain

2. Correlated curriculum (kurikulum korelatif)
Correlated berasal dari kata correlation yang bermakna hubungan atau berafiliasi satu sama lain. Correlated curriculum bermakna kurikulum yang menghubungkan antara satu pelajaran dengan pelajaran yang lain. Mata pelajaran pada kurikulum ini dikaitkan dan disusun sedemikian rupa dengan diperkuat satu sama lainnya sehingga tidak bangun sendiri. Untuk memadukan mata pelajaran tersebut satu sama lain, perlu ditempuh cara-cara hubungan yaitu sebagai berikut.
  • Korelasi okasional atau insidental; hubungan yang diadakan sewaktu-waktu bila terdapat hubungannya
  • Korelasi etis; hubungan yang bertujuan untuk mendidik kebijaksanaan pekerti sebagai sentra pembelajaran yang diserap dari pendidikan agama atau kebijaksanaan pekerti
  • Korelasi sistematis; hubungan yang disusun pribadi oleh guru
  • Korelasi informal; kurikulum yang disusun dengan cara kerjasama antara beberapa guru dengan menghubungkan pelajaran yang diampu oleh satu guru dengan guru lainnya
  • Korelasi formal; kurikulum yang sudah terlebih dahulu direncanakan oleh guru atau tim
  • Korelasi meluas; hubungan yang memadukan beberapa bidang studi yang mempunyai ciri khas yang saling mendekati

Terdapat sejumlah kelebihan dari sistem correlated  curriculum. Beberapa diantaranya ialah sebagai berikut.
  • Terdapat hubungan antara beberapa mata pelajaran sehingga materi yang dipelajari tersebut diterima secara utuh oleh penerima didik dan tidak terpisah
  • Hubungan antara beberapa mata pelajaran memudahkan penerima didik menerapkan pengetahuan yang didapatnya ke dalam kehidupan sehari-hari dan bisa memecahkan permasalahan yang dihadapi yang berkaitan dengan pengetahuan tersebut
  • Materi pelajaran lebih gampang dipahami
  • Pemahaman penerima didik lebih luas dan berkembang
  • Lebih banyak manfaat dalam kehidupan penerima didik

Di sisi lain, terdapat pula sejumlah kekurangan dari sistem correlated curriculum ini. Berikut beberapa diantaranya.
  • Masih terpusat kepada mata pelajaran
  • Pengetahuan yang disampaikan kurang sistematis dan mendalam

3. Integrated curriculum (kurikulum terpadu)
Integrated curriculum merupakan kurikulum yang materi ajarnya diberikan secara terpadu. Contohnya ialah mata pelajaran IPS atau Ilmu Pengetahuan Sosial yang merupakan perpaduan dari mata pelajaran sejarah, geografi, ekonomi, dan sosiologi. Pada jenjang Sekolah Dasar, terdapat pula pembelajaran dengan sistem tematik yang menggabungkan mata pelajaran berdasarkan tema-tema tertentu.
Terdapat sejumlah kelebihan dari sistem integrated  curriculum. Beberapa diantaranya ialah sebagai berikut.
  • Materi-materi yang dipelajari saling berkaitan erat
  • Kurikulum sesuai dengan teori berguru yang melandaskan kegiatan berguru kepada pengalaman, kesanggupan, kematangan, dan minat penerima didik

Di sisi lain, terdapat pula sejumlah kekurangan dari sistem integrated curriculum ini. Berikut beberapa diantaranya.
  • Organisasi kurikulum kurang sistematis
  • Pelaksanaan akan sedikit lebih rumit
Itulah Penjelasan Mengenai Pengertian Kurikulum , fungsi  komponen dan jenis kurikulum, semoga bermanfaat

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Komentarlah yang baik dan bijak, jangan spam ya..