Organisasi Internasional : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Jenis

A. PENGERTIAN ORGANISASI INTERNASIONAL
Pengertian organisasi internasional sanggup dijelaskan melalui pemisahan katanya. Organisasi internasional tersusun atas 2 kata yaitu organisasi dan internasional. Organisasi sanggup diartikan sebagai suatu kumpulan individu yang mempunyai tujuan yang sama. Umumnya organisasi dipimpin oleh seorang pemimpin yang disebut ketua organisasi.

Pembahasan berikutnya ialah mengenai internasional. Internasional ialah sesuatu yang berkaitan dengan lebih dari satu Negara.  Dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) kata internasional sanggup diartikan berupa hal yang menyangkut bangsa atau negeri di seluruh dunia atau antar bangsa. Biasa internasional juga berkaitan dengan korelasi antara beberapa negara.

Berdasarkan klarifikasi diatas maka organisasi internasional sanggup di jelaskan sebagai suatu bentuk perkumpulan ataau adonan dari beberapa negara yang mempunyai tujuan yang sama. Secara sederhana pengertian organisasi internasional merupakan organisasi yang berada dalam tingkat internasional. Karena dalam tingkat internasional, berarti organisasi ini melibatkan beberapa negara.
Secara terminologi definisi organisasi internasional dijelaskan oleh beberapa ahli. Menurut para jago organisasi internasional sanggup dijelaskan sebagai berikut:
1. Boer Mauna
Menurut Boer Mauna, Organisasi Internasional sanggup dijelaskaan sebagai perhimpinan atau kumpulan dari negara-negara yang telah merdeka dan berdaulat dengan tujuan untuk mencapai laba bersama. Tujuan tersebut dicapai melalui organ-organ yang terdapat dalam perhimpunan tersebut.

2. N.A. Maryam Green
N.A Maryam Green mengemukakan bahwa organisasi internasional merupakan organisasi yang terbentuk menurut perjanjian yang telah disetujui oleh tiga negara atau lebih yang menjadi akseptor dalam organisasi tersebut.

B. TUJUAN DIBENTUKNYA ORGANISASI INTERNASIONAL
Organisasi internasional ddibentuk untuk mencapai tujuan tertentu. Tujuan dibentuknya organisasi internasional terbagi menjadi dua, yaitu tujuan umum organisasi internasional dan tujuan khusus organisasi internasional. Tujuan-tujuan tersebut sanggup dijelaskan sebagai berikut:

1. Tujuan umum organisasi internasional
Tujuan umum organisasi internasional merupakan suatu tujuan yang ingin dicapai oleh setiap organsisasi internasional secara umum. Adapun tujuan umum dibentuknya organisasi internasional ialah sebagai berikut:
  • Organisasi internasional bertujuan untuk mewujudkan perdamaian dunia.
  • Setelah terwujudnya keamanan dunia, tujuan organisasi internasional yang selanjutnya ialah memelihara dan mempertahankan perdamaian tersebut
  • Tujuan organisasi internasional yang lain ialah untuk mencapai keamanan internasional.
  • Organisasi internasional juga bertujuan untuk mengatur dan mengikat kesejateraan dunia.

2. Tujuan khusus dibentuknya Organisasi internasional
Organisasi internasional selain mempunyai tujuan umum, ternyata juga mempunyai tujuan khusus. Tujuan khusus dibentuknya organisasi internasional berkaitan dengan tujuan yang ingin dicapai dalam organisasi internasional tertentu. Tujuan ini bekerjasama dengan organisasi internasional yang dijadikan sebagai tempat atau alat supaya tujuan bersama dalam organisasi sanggup dicapai. Tujuan khusus ini sanggup ditentukan oleh negara-negara yang mengikuti organisasi tersebut. Umumnya tujuan khusus organisasi internasional ini berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Namun tetap saja didalamnya terdapat kemiripan.

C. TUGAS POKOK DAN FUNGSI ORGANISASI INTERNASIONAL
Organisasi internasional mempunyai kiprah pokok dan fungsi tersendiri. Tugas dan fungsi organisasi internasional ialah sebagai berikut:

1. Tugas pokok organisasi internasional
Tugas pokok organisasi internasional ialah sebagai berikut:
  • Organisasi internasional berperan sebagai instrumen atau alat untuk mencapai tujuan tertentu yang didasarkan pada politik luar negeri. Serta sebagai alat untuk mencapai peningkatan ekonomi internasional.
  • Organisasi internasional berperan sebagai Arena. Artinya organisasi internasional harus sanggup menyediakan kebutuhan yang diharapkan untuk pertemuan para anggotanya. Tujuan pertemuan ini ialah untuk berdiskusi dan memusyawarahkan suatu masalah.
  • Organisasi internasional bertugas atau berperan sebagai pemain drama independen yang sanggup menciptakan keputusan sendiri tanpa dipengaruhi pihak luar. Namun demikian, keputusan organisasi internasional sanggup dipengaruhi dan mempengaruhi beberapa kejadian yang terjadi di dunia.

2. Fungsi Organisasi Internasional
Tugas yang dijalankan organisasi internasional ditujukan untuk memenuhi fungsinya. Fungsi organisasi internasional ialah sebagai berikut:
  • Menyediakan banyak sekali haal yang dibutuh untuk membangun kerjasama antar negara dengan tujuan yang saling menguntungkan.
  • Menyediakan banyak sekali kanal komunikasi supaya sanggup memunculkan sebuah penyelesaian problem jikalau suatu saat terjadi permasalahan.

D. PROSES PEMBENTUKAN ORGANISASI INTERNASIONAL
Dalam pembentukkannya organisasi internasional bahwasanya mempunyai latar belakang yang berbeda-beda. Antara organisasi yang satu dengan yang lainnya terbentuk dengan proses yang tidak sama. Sebagian organisasi terbentuk alasannya ialah adanya konflik yang terjadi dalam suatu kawasan regional. Kemudian muncul ilham melerai konflik tersebut. Salah satu penyelesaian konflik dilakukan dengan cara mengumpulkan perwakilan negara yang bersangkutan untuk bermusyawarah bagaimana cara menangani problem tersebut. Mussyawarah antar negara ini dilakukan secara sedikit demi sedikit sampai muncul kesepakatan atau perjanjian. Umumnya dengan adanya beberapa perjanjian dan aturan tertentu, Organisasi internasional telah terbentuk dan mempunyai nama. Salah pola organisasi internasional yang terbentuk alasannya ialah adanya konflik beberapa negara yaitu ASEAN. Mukin beberapa organisasi internasional lain tidak terbentuk alasannya ialah latar belakang konflik akan tetapi beberapa yang latar belakang lainnya juga ditujukan untuk mencapai perdamaian dunia.

E. KLASIFIKASI MACAM – MACAM JENIS ORGANISASI INTERNASIONAL
Organisasi internasional sanggup diklasifikasikan menjadi beberapa Macam. Organisasi ini ada yang tingkat beberapa negara, tingkat benua dan tingkat dunia. Contohnya PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) yang merupakan organisasi yang paling dikenal didunia. Organisasi ini meliputi banyak sekali bidang kehidupan. Secara lebih jelas, macam-macam organisasi internasional ialah sebagai berikut:

1. UNICEF (United Nations international Childerns Emergency Fund)
UNICEF didirikan pada tanggal 11 Desember 1946. Orgasnisasi ini merupakan suatu organisasi internasional yang bergerak dalam memperlihatkan derma kemanusiaan. Bantuan lain juga memperhatikan perkembangan jangka panjang terhadap belum dewasa dan ibunya. Organisasi ini lebih memusatkan bantuannya terhadap negara berkembang.

2. UNESCO
UNESCO berdiri pada tahun 1945. UNESCO merupakan salah organisasi yang dibuat oleh PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) dengan tujuan untuk mendukung perdamaian dan keamanan internasional. Hal tersebut dilakukan melalui ilmu pengetahuan, pendidikan dan budaya. Pembentukannya dilakukan untuk meningkatkan rasa saling menghormati, menghargai HAM (Hak Asasi Manusia), dan menengakkan keadilaan melalui peraturan hukum.

3. UNCHR (United Nations Comissian on Human Right)
UNCHR ialah salah satu bab dari PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa). Organisasi ini merupakan organisasi yang termasuk sebagai komisi HAM (Hak Asasi Manusia). Semua hal yang berkaitan dengan Hak Asasi Manusia (HAM) ditangani oleh organisasi ini.

4. NATO (North Atlantic Treaty Organization)
NATO dibuat pada tanggal 4 April 1949 di Brussel. Organisasi internasional ini terbentuk dalam kolaborasi regional yang menitikberatkan kerjanya pada hal yang berkaitan dengan keamanan dan pertahanan. NATO dibuat untuk menangani ekspansi faham komunis di Eropa dan perang dunia kedua. NATO mempunyai prinsip : jikalau ada yang menyerang salah satu dari mereka, maka berarti sama dengan menyerang semuanya. Tujuan organsasi ini ialah untuk membantu menuntaskan problem politik dan militer serta untuk memelihara perdamaian dunia. 

5. OPEC  (Organization of the Petroleum Exporting Countries)
OPEC didirikan di Irak pada tanggal 14 September 1960. OPEC dibuat dengan tujuan untuk kepentingan yang berkaitan dengan minyak bumi internasional. Hal ini berkaitan dengan harga dan jumlah produkssi minyak bumi.

6. ASEAN (Asosiaation of Southeast Asian Nation)
ASEAN terbentuk pada tanggal 18 Agustus 1967 di Baangkok. ASEAN ialah salah organisasi internasional yang beranggotakaan bangsa-bangsa yang berada di Asia Tenggara. Tujuan Organisasi ini ialah untuk meningkatkan perekonomian, berbagi budaya, memajukan sosial, perdamaiaan dan stabilitas religional. Serta menjamin perdamaian anggotanya.

7. WHO (World Healt Organization)
WHO dibuat pada tanggal 7 Apri 1948 di Swiss. WHO juga merupakan bab dari PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) yang memfokuskan kerjanya pada bidang kesehatan internasional. WHO ialah koordinator dalam hal kesehatan internasional. Tujuan didirikannya WHO ialah untuk mencapai tingkat kesehatan tertinggi serta membasmi dan mencegah penyakit menular yang menyebar luas di dunia.

Secara singkat penjabaran Organisasi internasional yaitu:
8. Berdasarkan Daerah regionalnya
  • ASEAN
  • AFTA
  • APEC
  • EU
  • EFTA

9. Beradasarkan keterbukaanya

  • PBB
10. Berdasarkan Objeknya
  • IMF
  • IBRD
  • ILO
  • IFC
  • FAO
  • Dan lain-lain

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Komentarlah yang baik dan bijak, jangan spam ya..