Pengertian Sumber Daya Ekonomi , Jenis dan Peran Sumber Daya Ekonomi

Pengertian Sumber Daya Ekonomi , Jenis dan Peran Sumber Daya Ekonomi

PENGERTIAN SUMBER DAYA EKONOMI ADALAH
Manusia adalah makhluk ekonomi yang tidak pernah merasa puas. Akibat dari sifat yang tidak pernah mencicipi kepuasan ini manusia selalu terus-menerus berusaha untuk memenuhi kebutuhannya. dalam hal ekonomi terdapat istilah sumber daya ekonomi. Nah, untuk menjelaskan pengertiannya dari sumber daya ekonomi maka perlu dipisah kata-katanya. Sumber daya ekonomi berasal dari kata sumber daya dan ekonomi.

Sumber daya merujuk pada potensi yang dimiliki, dan potensi ini sanggup diolah dan dimanfaatkan. Potensi yang dimaksudkan di sini ialah semua hal yang bisa dipakai untuk keperluan ekonomi. Secara lebih terang Sumber Daya Ekonomi adalah semua alat yang bisa dipakai oleh manusia, tujuan penggunaan alat tersebut ialah untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa manusia adalah makhluk ekonomi sehingga tidak pernah puas atas segala yang dimiliki. Hal ini  menimbulkan manusia selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhannya. Dalam hal pemenuhan kebutuhan tersebut selalu digunakan berbagai macam alat. Segala jenis alat yang dipakai dalam ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidup inilah yang disebut sumber daya ekonomi.

MACAM – MACAM SUMBER DAYA EKONOMI
Sumber daya ekonomi terbagi kedalam beberapa jenis. Secara umum, sumber daya ekonomi terbagi menjadi tiga macam. yaitu:

1. Sumber Daya Alam (SDA)
Sumber daya alam adalah sebagai segala sesuatu yang terdapat di alam sekitar dan bisa dimanfaatkan untuk menjadi barang atau jasa yang dipakai untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Suatu anugrah yang melimpah yang telah diberikan Tuhan kepada insan ialah alam. Di alam terdapat banyak hal yang bisa dikelola untuk memenuhi kebutuhan hidup. Dalam pengelolaan alam tersebut, harus dilakukan secara bijaksana. Yang dimaksud dengan bijaksana ialah mengelola alam secara sewajarnya dengan tidak merusak kondisi alam. 
Pengertian Sumber Daya Ekonomi , Jenis dan Peran Sumber Daya Ekonomi
Sumber Daya Alam. Sumber: Pexels.com

Eksploitasi alam yang dilakukan secara berlebihan dan tidak bertanggung akan menimbulkan kerusakan lingkungan yang parah. Hal inilah yang  menyebabkan datangnya bencana alam. Untuk menghindari itu, maka kita harus memperlakukan alam dengan baik. Manfaatkan potensinya namun jangan rusak lingkungannya. Selain untuk menghindari bencana alam , menjaga kelestarian alam juga dapat mendatangkan laba yang tinggi. Alam yang asri serta terawat akan menjadi ladang pemenuhan kebutuhan hidup. Keindahan lingkungan juga sanggup manarik perhatian dan dijadikan tempat untuk para wisatawan berekreasi sampai meningkatkan nilai ekonomi.

Sebenarnya secara sederhana bisa dikatakan bahwa kebutuhan manusia  sanggup dipenuhi oleh alam. karena sebagian besar kebutuhan kita bersumber dari alam,. Misalnya menyerupai makanan, tempat tinggal, pakaian,  dan lain-lain, walaupun terdapat beberapa benda yang melalui proses pruduksi.

Sumber daya alam terbagi menjadi dua jenis yaitu:
a. Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui
Sumber daya alam yang sanggup diperbaharui ialah sumber daya alam terjadwal yang masih bisa bertambah dengan ada atau tidak adanya campur tangan manusia. Misalnya seperti tumbuhan, tanaman, pepohonan dan lain-lain.

b. Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui
Sumber daya alam yang tidak sanggup diperbaharui ialah sumber daya alam yang mempunyai jumlah terbatas dan memerlukan proses yang sangat lama agar sumber daya alam tersebut muncul kembali. Misalnya emas, kerikil , batu bara dan lain-lain.

2. Sumber Daya Manusia (SDM)
Sumber daya manusia adalah sumber daya ekonomi yang paling penting. Hal ini alasannya perekonomian suatu negara dipengaruhi oleh SDM yang terdapat di negara tersebut. Begitu pula dengan maju atau mundurnya suatu bangsa. Baik buruknya kualitas sumber daya manusia yang berada dalam sebuah negara mempengaruhi kondisi negara tersebut. Kemakmuran suatu negara akan terjamin kalau kualitas sumber daya manusianya tinggi.

Saat ini masih banyak negara-negara di dunia yang kekurangan sumber daya manusia untuk mengelola sumber daya alam. Namun juga, masih terdapat banyak negara yang mempunyai sumber daya alam lebih sedikit dan mempunyai sumber daya manusia yang berkualitas tinggi. Tak jarang ditemui negara kecil dengan pengelolaan sumber daya alam yang sangat baik. Akan tetapi masih banyak negara besar belum bisa mengelola sumber daya alam yang dimilikinya.

Manusia selain bertindak sebagai konsumen, juga harus bertindak sebagai biro dan produsen, hal ini dilakukan untuk membantu kemajuan ekonomi. Untuk mencapai kualitas sumber daya manusia yang tinggi bisa ditempuh melalui jalur pendidikan. Hal ini perlu ditekankan berkaitan dengan kulitas sumber daya mansia ialah ilmu pengetahuan dan teknologi. Tujuannya adalah untuk berbagi ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut untuk meningkat daya saing. Terdapat beberapa unsur yang harus dipenuhi untuk membantu terbentuknya kualitas sumber daya manusia. Unsur tersebut ialah sebagai berikut:;
  • Akhlak
  • Keahlian
  • Kekuatan fisik

3. Sumber Daya Modal
Modal berkaitan dengan hal-hal yang dipakai untuk mengahasilkan barang dan jasa. Sumber daya modal bukan hanya berbentuk uang akan tetapi  mempunyai bentuk lain. Beberapa alat yang bisa di kategorikan sebagai modal yaitu:
  • Uang
  • Tanah
  • Informasi
  • Teknologi
  • Peralatan
  • Dan lain-lain

Modal ternagi menjadi beberapa jenis, yaitu:
a. Jenis Modal Menurut Pemiliknya
Menurut pemilikinya modal terbagi menjadi dua jenis, yaitu:
  • Modal Perseorangan
  • Modal Masyarakat

b. Jenis Modal Menurut Wujudnya
Menurut wujudnya modal terbagi menjadi dua  jenis, yaitu:
  • Modal Konkret (Modal Nyata), adalah modal yang bisa dilihat, diukur, atau ditimbang. Contohnya uang, emas
  • Modal Abstrak, merupakan modal yang tidak dapat terlihat tetapi hasilnya bisa dirasakan, contohnya keterampilan.keahlian

c. Jenis Modal Menurut Sifatnya
Menurut sifatnya modal terbagi menjadi 2 jenis yaitu:
  • Modal Tetap, adalah modal yang dapat dipakai berkali-kali dalam masa produksi, contohnya mesin dan kantor.
  • Modal Lancar, adalah modal yang akan habis terpakai dalam satu kali produksi, contohnya uang kertas.

d. Jenis Modal Menurut Bentuknya
Menurut bentuknya modal terbagi menjadi 2 jenis, yaitu:
  • Uang
  • Barang

e. Jenis Modal Menurut Sumbernya
  • Modal Sendiri
  • Modal Pinjaman

PERAN SUMBER DAYA EKONOMI DALAM PEMBANGUNAN
Sumber daya ekonomi mempunyai peranan dan fungsi masing-masing. Dalam hal pembangunan, sumber daya ekonomi yang paling berperan ialah sumber daya manusia dan sumber daya alam. Pembangunan dilakukan untuk memperbaiki kondisi ekonomi. Tujuan utamanya ialah membantu  memajukan ekonomi di suatu negara. Pembangunan ini dilakukan pada banyak sektor contohnya pertanian, setor perikanan dan kelautan. Hal yang paling ditekankan dalam pembagunan ialah peningkatan kulitas sumber daya manusia. Karena dengan adanya kulitas sumber daya manusia yang mumpuni, maka akan mempercepat laju pembangunan dan waktu yang diharapkan untuk memperbaiki kondisi ekonomi lebih singkat. Pembangunan ini diawali di tempat dengan memanfaatkan otonomi tempat sampai balasannya dengan menolong perekonomian tempat sanggup membantu memperbaiki ekonomi negara.

Telah dikatakan sebelumnya sumber daya manusia adalah sumber daya ekonomi yang paling penting. Peran sumber daya manusia yaitu:
  • Sebagai tenaga kerja
  • Sebagai tenaga ahli
  • Sebagai pimpinan perusahaan.
  • Sebagai usahawan
  • Sebagai Pencipta dan pengembang ilmu pengetahuan dan teknologi
  • Sebagai sumber daya yang berperan untuk mengorganisasikan penggunaan aneka macam faktor produksi.
  • Sebagai produsen

Sumber Daya Manusia bertugas mengolah sumber daya alam secara efektif, efesien dan bertanggung jawab. Tujuannya ialah untuk meningkatkan pembangunan nasional di aneka macam sektor. Sumber daya modal juga kuat dalam pembangunan nasional suatu negara. Intinya Kesemua sumber daya ekonomi ini peranannya saling terkait antara yang satu dengan yang lainnya.
Itulah Penjelasan Singkat Mengenai  Pengertian Sumber Daya Ekonomi , Jenis dan Peran Sumber Daya Ekonomi. Semoga bermanfaat dan mudah dipahami.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Komentarlah yang baik dan bijak, jangan spam ya..